WARTAWAN ADALAH RELAWAN BANGSA BY.ABU BAKAR S.H.,


MERAKCYBER.COM-
,Di era saat ini media pemberitaan sangat penting bagi masyarakat sehingga informasi yang tersaji dapat di terima dengan cepat oleh masyarakat, baik di pusat kota maupun di perdesaan. Berkembangnya media-media online di Indonesia tidak terlepas dari  kebebasan dalam berpendapat, Wartawan adalah layaknya seorang relawan untuk rakyat Indonesia,wartawan tidak di gaji oleh Negara  namun profesi wartawan dapat membantu pemerintahan baik tingkat pusat maupun tingkat di perdesaan.

 Negara Indonesia sedang gencar-gencarnya membangun insflastruktur di penjuru pulau dari sabang sampai merauke demi menuju indonesia yang maju,Namun seringkali wartawan mendapat perlakuan tidak baik bahkan di kriminalisasi oleh sebagian oknum,terlepas dari hal apapun solideritas para wartawan di seluruh indonesia tetap memegang tuguh pancasila dan Undang-undang 1945 sebagai landasan PERS sebagai pilar ke(4) empat kemerdekaan.


 Sebagai control sosial  haruslah para wartawan di rangkul oleh para instansi pemerintahan demi terjalinnya sinergiritas yang solid antara PERS dan pemerintahan.


Di tingkat desa dalam membangun insflastruktur sering kali terjadinya permasalahan teknis sikap tertutup  pemerintahan dengan para control sosial kerap kali menimbulkan polemik, hal ini tentu menimbulkan keretakan sinergiritas antara control sosial dengan pemerintahan.

Sejatinya wartawan sebagai control sosial hanya ingin mempublikasi kegiatan untuk di sampaikan kepada public yang notabenenya adalah sebagai media publikasi yang independent.


Temuan yang di sampaikan oleh media baik buruknya tidak terlepas agar perbaikan  pelayanan masyarakat di pemerintahan dapat di tingkatkan,Sebagai contoh pembangunan/proyek-proyek di tingkat desa masih banyak yang melakukan kecurangan oleh para oknum pemborong/kontraktor yang di tunjuk oleh pemerintahan sebagai pelaksana tugas pembangunan.


Hal ini sering kali terjadi dan sering kali kita melihat di media-media yang memberitakan,itulah mengapa wartawan sangat di butuhkan karena perannya sebagai control sosial mengawal dan mengawasi agar tidak terjadinya kecurangan oleh para oknum sehingga pembangunan insflastruktur sesuai yang di harapkan masyarakat.


Atas hal tersebut pemerintah haruslah jeli dalam menunjuk kontraktor jangan asal pilih dalam menunjuk kontraktor sebagai pelaksana, haruslah di lihat dari legaliatas yang jelas ,kantor yang jelas dan paling penting mempunyai sertifikasi  ISO Managemant mutu sehingga tidak lagi di temukan kecurangan atau ketidak sesuaian dalam membangun insflastruktur


(Red)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama